Jangan hilangkan kebiasaan lama, pertahankan dan pelihara tradisi khasanah budaya kita. Jangan goyah kena angin, jangan terbawa arus banjir. Tetep ajeg, pakem, dan istiqomah dimanapun kita berada. Jayalah bangsaku dan Jayalah Negara Indonesia.

Jumat, 14 Mei 2010

MENGENAL PEPES AYAM

Seperti dimaklumi, di kalangan masyarakat sunda, banyak nama-nama pepes sebagai masakan khas tradisi masyarakat Jawa Barat. Ada pepes ikan, pepes tahu, pepes oncom, pepes udang, pepes jamur, pepes teri, dan pepes ayam.

Nah, dari sekian nama-nama pepes itu, yang paling jarang ditemukan menurut hemat saya adalah pepes ayam. Suami saya sendiri, mengenal pepes ayam ini dari neneknya ketika masih kecil. Sedangkan saya mengenal pepes ayam ini dari Ibu Mertua.

Ada tiga masakan pepes yang menjadi favorit keluarga suami saya waktu itu, yaitu pepes oncom, pepes jamur, dan pepes ayam. Ketiga pepes ini selalu hadir dalam hidangan acara atau pesta keluarga. Baik acara arisan, selamatan, ataupun pesta ulang tahun, ketiga pepes itu selalu ada sebagai masakan istimewa. Tapi yang paling saya sukai dari ketiga pepes itu adalah pepes ayam. Rasanya...bukan main.

Mungkin ada yang bertanya, apa sih kelebihanya dan keistimewaan dari masakan khas sunda itu ? Jawabanya sangat sederhana, yaitu semua bumbu masakan sangat alami dan sedikitpun tidak menggunakan bahan pengawet. Bungkusnyapun alami menggunakan daun pisang. Kalau boleh dibilang, bumbu masakan ini hampir semuanya serba daun.

Itulah keistimewaannya masakan khas sunda ini. Belum lagi kalau sudah di masak, wow, aromanya harum...bukan main, mengundang selera...luar biasa. Itulah pepes, apalagi pepes ayam...hm...harumnya bukan main, apalagi rasanya.

Saya bersyukur, saya bisa meneruskan tradisi turun temurun ini, membuat pepes ayam sebagai sebuah hasil karya cipta yang mengagumkan. Alhamdulillah, saya bisa membuatnya dengan rasa dan aroma yang tidak jauh berbeda.

Dulu, sebelum saya ikut suami bertugas ke luar negeri, pepes ayam ini sempat menjadi ladang bisnis keluarga. Setiap ada pameran di Jakarta, pepes ayam selalu hadir, dan alhamdulillah mendapat sambutan banyak peminatnya. Bahkan sempat juga mendapat respon dari Resto Saung Kuring ketika ditawarkan kepadanya.

Nah, sekarang, biar tidak penasaran, kembali kami tawarkan pepes ayam istimewa ini kepada bapak dan ibu semua. Mudah-mudahan dengan kehadiran pepes ayam ini, dapat melengkapi hidangan acara selamatan atau pesta istimewa hari ulang tahun bapak-ibu sekalian.

Perlu diketahui, pepes ayam ini diolah dan dihidangkan dalam bentuk satu ekor ayam utuh, tanpa di potong-potong, kecuali bila ada yang memesan inginnya di potong-potong.  Silahkan, dan Selamat Mencoba. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CARA PEMESANAN

CARA PEMESANAN
Kontak Kami : WA : 082113646532 (Ibu Ira).

TARI GOTONG SISINGAAN

TARI GOTONG SISINGAAN
Jangan bongkar kebiasaan lama, pertahankan dan pelihara tradisi khasanah budaya kita. Jangan goyah kena angin, jangan terbawa arus banjir. Tetep ajeg, pakem, dan istiqomah dimanapun kita berada. Jayalah bangsaku dan Jayalah Negara Indonesia.